Rabu, 30 April 2014

Get REAL: Cara Galang Dana yang Efektif dan Menyenangkan!



Beberapa waktu lalu, saya mengunjungi website FundraisingCoach.com, yang diampu oleh Marc A. Pitman. Website ini mengajarkan teknik-teknik cara melakukan penggalangan dana dengan spektakuler! Ternyata, tidak hanya modal kepedulian saja, lho. Tapi juga kudu mengerti strategi dalam melakukan penggalangan dana supaya mencapai target.

Jika sudah mulai mengembangkan yayasan, seperti saya dan teman-teman di Save Street Child, dana menjadi isu penting. Apalagi jika sudah merumuskan anggaran tahunan yang nilainya tentu ratusan juta rupiah! Segala pengeluaran organisasi dikalkulasi hingga mencapai target program yang dikerjakan pada tahun tersebut. Ini sungguh suatu tantangan yang luar biasa.

Dalam website tersebut, Pitman, menerangkan bahwa dalam menyusun sebuah strategi penggalangan dana harus Get R.E.A.L, apa saja itu?

Research (Riset)
Sebelum memulai aktivitas penggalangan dana, tentu harus riset dulu: seberapa besar dana yang harus digalang setiap tahunnya?

Ini penting untuk menentukan jumlah valid yang harus diraih. Setelah melakukan riset terhadap kebutuhan dana, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun taktik sederhana tentang target pendapatan per orang. Saya sendiri pernah melakukan projek kecil-keclan untuk menyokong modal kerja seseorang senilai 2 juta, dan mentargetkan untuk mencari 20 orang yang mau berdonasi sebesar 100rb. Dan tentu saja, berhasil! Ketika donatur mengetahui bahwa sudah ada patokan nilai donasi, mereka akan lebih mudah untuk berpartisipasi dan ikut menyebarkan ke teman-teman mereka ketika isu tersebut dinilai penting.

Selain itu, selalu ingat untuk menuliskan nama-nama kenalan prospektif yang bisa membantumu mencapai target: entah itu orang kaya, atau orang berpengaruh yang bisa mengajak teman-temanya untuk berdonasi, atau keluarga. Jika tim anda masing-masing menuliskan 5 nama yang prospektif dan bekerja dengan serius, maka, lingkaran kecil tersebut akan membesar dan target penggalangan dana anda akan tercapai! Bagaimana mengidentifikasi orang-orang prospektif ini? Pitman menyarankan untuk melakukan CPI ScreeningCapacity (kapasitas), Philantrophy (filantropi) dan Interest (Tertarik).

Kapasitas: Apakah orang tersebut memiliki kapasitas finansial untuk melakukan donasi?
Filantropi: Apakah orang tersebut murah hati dan suka berdonasi di lembaga-lembaga amal?
Tertarik: Apakah orang tersebut tertarik terhadap isu yang ada di organisasimu? Kamu bisa cari tahu dengan melihat-lihat lembaga amal yang biasa mereka sokong.

Engage: Terlibat
Menjadi seorang penggalang dana (fundraiser), tidak hanya tentang mencapai target dan jualan asa. Tapi, ini juga tentang menjalin hubungan dengan manusia. Bersikaplah empatik, sebelum mulai menanyai apakah mereka ingin berdonasi, ajaklah mereka ngobrol dan dengarkan mereka seperti seorang sahabat. Pahami bagaimana kisah hidup mereka, ketertarikan mereka, dan tentu saja tujuan hidup mereka. Ini akan menyamankan calon donor dan tentu saja, setelah itu, kamu bisa menceritakan tentang isu dan ceritamu mengapa isu yang akan mereka dukung itu sangat penting.

Ask: Bertanya
Banyak orang yang bingung dan tidak bertindak (dan berdonasi) karena mereka tidak ditanyai! Ya. Jangan sungkan. Setelah mencairkan suasana dengan bertukar cerita, tentu saja kita harus melakukan tujuan utama: penggalangan dana.

Saran saya, kamu bisa menanyai mereka seperti: “Anda bisa investasi 3 juta untuk 3 tahun di pendidikan anak jalanan ini. Dana anda nanti akan digunakan oleh 1 orang anak untuk melanjutkan sekolah. Dan tentu saja, ini adalah investasi sosial berjangka panjang.”

Love: Mencintai
Mencintai disini artinya benar-benar mencintai donor anda dan pekerjaan anda. Penggalangan dana adalah tentang hubungan antarmanusia. Akan mudah jika calon donor anda bilang “ya” dan mau berdonasi, namun, akan terlihat lebih sulit dan kadang bersifat personal jika calon donor menolak.

Jika calon donor anda menolak untuk berdonasi dan anda tetap tenang, maka mereka akan menghargai ketenangan anda, dan kemungkinan mau untuk didekati kembali di masa depan.

Penolakan tersebut belum tentu bersifat personal, karena bisa jadi tidak disampaikan di saat yang tepat. Bisa jadi calon donor tersebut sedang mengalami defisit finansial atau kebutuhan yang sangat besar ketika anda menawari donasi. Jadi, jangan berputus asa.

Jadi, sudah siap untuk menggalang dana secara cermat?
Selalu ingat bahwa ada kata FUN di FUNDRAISING ya :)

8 komentar:

mari sukseskan penggalangan dana untuk 1001video batik , www.kitabisa.com/videobatik

Sekarang ada cara mudah buat Galang Dana, silahkan Kunjungi http://www.actionwe.com

Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html

JUAL OBAT ABORSI USIA 1-7 BULAN AMAN TANPA EFEK SAMPING DIJAMIN JANIN LUNTUR DALAM WAKTU 1 HARI

Cara Menggugurkan Kandungan

Obat Penggugur Kandungan

Penggugur Kandungan

Obat Cytotec Asli

Peluntur Janin

Obat Aborsi


JUAL OBAT BIUS AMPUH 5 DETIK LANGSUNG PINGSAN DAN SIAP UNTUK DI GRAYANGI

Obat Bius

Obat Bius Cair

Obat Bius Hirup

Obat Bius Semprot

Obat Bius Bekap

Obat Bius Spray

Obat Tidur Cair

Obat Tidur

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More